Breaking News

Lahirkan Inovasi Baru, Perumda AM Padang Hadirkan Laboratorium Pengujian Mutu Air Berstandar

Penjabat Walikota Padang, H. Andre H Algamaar, M. Han didampingi Dirut Perumda AM Kota Padang Hendri Pebrizal, S. Sos, MM dan Anggotq DPRD Padang H. Muharlion, S. Pd meninjau laboratorium di Jalan Penjernihan I, Gunung Pangilun Padang. @rie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang prima. 

Seperti kali ini, menghadirkan laboratorium pemeriksaan dan pengujian kualitas air dengan teknologi canggih.

Laboratorium yang berada di Jalan Penjernihan Utama No.1 Gunung Pangilun ini pun, diresmikan Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar, Kamis (1/8/2024).

Pj Wali Kota menyampaikan, hadirnya laboratorium tersebut menegaskan kinerja Perumda AM Kota Padang sejauh ini.

“Saya sangat bangga dan mengucapkan selamat bagi Perumda AM yang terus berinovasi dan menambah layanannya bagi masyarakat. Kehadiran laboratorium ini sangat penting dan merupakan yang pertama milik Pemko Padang melalui Perumda AM. Ini kado manis yang diberikan Perumda AM bagi Hari Jadi Kota Padang ke-355,” ujar Andree Algamar dalam sambutannya.

Pj Wako berharap, laboratorium ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh instansi pemerintah, swasta dan masyarakat Kota Padang.

“Silakan bagi instansi pemerintah, swasta dan masyarakat Kota Padang melakukan pengujian air di laboratorium ini. Dengan melakukan pemeriksaan air secara rutin dan berkala, membuat air yang kita konsumsi akan aman dan juga terstandar,” imbuh Pj Wako yang juga Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda AM Kota Padang itu.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda AM Padang, Hendra Pebrizal, S. Sos, MM menyebutkan, laboratorium ini merupakan wujud komitmen pihaknya dalam menyediakan layanan pemeriksaan dan pengujian kualitas air.

“Laboratorium ini telah mengantongi akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak April 2022 lalu dan juga mengantongi ISO/IEC 17025 tahun 2017.

Labor ini bisa menguji semua jenis air dengan 21 indikator penilaian. Mulai dari kualitas air baku, air sumur, air permukaan, air minum serta air bersih dan lainnya,” sebutnya.

Ia melanjutkan, di samping menguji kualitas air untuk Perumda AM sendiri, laboratorium ini terbuka secara luas untuk masyarakat umum yang membutuhkan pengujian kualitas air. 

Diantaranya seperti bagi pengusaha-pengusaha air isi ulang atau air minum dalam kemasan, perhotelan, restoran hingga pengusaha kolam renang dan instansi lainnya.

“Dalam proses pengujian, laboratorium ini telah dilengkapi peralatan canggih dan personel yang kompeten di bidangnya,” ulasnya.

Dalam peresmian itu, juga hadir para Dewan Pengawas, Direktur Umum, Direktur Teknik serta Manajer dan Asisten Manajer di lingkungan Perumda AM Kota Padang. 

Selain itu unsur perwakilan BUMN/BUMD, para pengusaha air minum dalam kemasan dan perhotelan di Kota Padang, serta perwakilan OPD terkait di lingkup Pemko Padang.(*/Hr1)

No comments