Breaking News

Yudha Putra Resmi Pimpin PD PPM Sumbar, Berto Izaak; PPM di Sumbar Kembali Berjaya

Yudha Putra, Ketua PD PPM Propinsi Sumbar memberikan sambutan usai dirinya dan pengurus lainnya dilantik. Ia siap membesarkan PPM di Ranah Minang ini.@rie St Malin Mudo


Sumbar, Lamosai.com- Prosesi pelantikan dan pengukuhan Pimpinan Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) Propinsi Sumatera Barat periode 2020-2025 dibawah kepemimpinan Yudha Putra berjalan lancar. Ia dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum DPP PPM Berto Izaak Doko, Sabtu (20/7/2024) di Aulan lantai II, Gedung LKAAM Sumbar.

Hadir saat pelantikan dan pengukuhan tersebut, Danlantal II Teluk Bayur, Korem Wirabraja 032 yang diwakili oleh Kasrem, Polda Sumbar, Danlanud St. Syahrir, Gubernur Sumbar, Orgnisasi kepemudaan lainnya.

Yudha Putra dilantik sebagai ketua PPM, di dampingi oleh Dodi Putra Tanjung, SH selaku Sekretaris Pimpinan Daerah, dan Gusmar Tanjung sebagai Bendahara.

Selain itu, juga turut hadir DPC PPM Kota Padang dan DPC PPM  19 Kabupaten Kota se Sumatera Barat, FKPPI Sumbar, Karang Taruna Sumbar.

Yudha Putra, seorang kader senior Pemuda Panca Marga, yang saat ini menjabat Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Panca Marga Kota Padang, dipercaya oleh Pengurus pusat PPM untuk menahkodai PD-PPM Provinsi Sumatera Barat periode 2020-2025.

Dalam sambutannya, Yudha Putra, Ketua PD PPM Sumbar mengatakan, bahwa pelantikan dan pengukuhan dirinya bersama beberapa pengurus ini adalah atas perintah dan instruksi Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga. Dan sebagai kader PPM dan anak veteran tentu dirinya tidak bisa mengelak lagi ketika perintah dan amanah ini di embankan di pundaknya.

" Ditahun 1992 saya pertama kali diantar ayahanda langsung ke Markas PPM. Disanalah awalnya kami mengenal organisasi. Hingga saat ini darah itu terus mengalir di dalam diri saya," uajr Yudha sedikit berkisah.

Soal Kepemimpinan PD PPM Sumbar ini, saya di intruksikan langsung oleh Ketum PPM Berto Izaak Doko untuk memimpin PD PPM Sumbar, dan setelah ini langsung melakukan konsolidasi organisasi ke seluruh PC PPM kabupaten kota se-Sumatera Barat, ujarnya.

Sesuai intruksi PP PPM, maka setelah pelantikan PD PPM Sumbar ini, seluruh kabupaten kota juga harus melakukan Muscab atau melengkapi kembali struktur organisasi.

"Kita siap menjalankan program dan mendorong PC PPM kabupaten kota se Sumbar segera melakukan Muscab memilih ketua dan pengurus baru, proses muscab ini nanti harus dilaksanakan secara demokrasi dan sesuai mekanisme organisasi," pinta Yudha.

Masih kata Yudha, apa yang diamanatkan Ketum PPM, kita siap melaksanakan konsolidasi organisasi di Sumbar dan siap mengibarkan panji-panji PPM hingga ke pelosok negri Sumbar.

" Sebagai generasi muda penerus atas cita-cita pejuang kemerdekaan, kita harus melahirkan semangat juang disanubari ini sepanjang hayat kita," tegas Yudha.

Sebagai organisasi Nasiinalis dan anak cucu pewaris langsung Veteran pejuang republik ini, kami sangat sensitif melihat kondisi maupun persoalan bangsa saat ini.

Terkait aksi kenakalan remaja yang marak saat ini, antara lain Tawuran antar geng, Narkoba dan LGBT, Yudha mengajak dan mendorong pengurus Pemuda Panca Marga (PPM) di semua tingkatan untuk berperan aktif mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah, TNI dan Polri untuk memberantas dan mengantisipasi persoalan diatas yang mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Kami selalu kader PPM siap bersama-sama pemerintah, TNI Polri, memerangi narkoba, LGBT dan Tawuran remaja yang meresahkan masyarakat saat ini. Untuk itu semua kader dan pengurus PPM dari provinsi sampai ke tingkat ranting segera lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk menunjukkan bahwa PPM adalah mitra yang siap mendukung program pemerintah, TNI dan Polri", tegasnya.

"saya optimis PPM Sumbar akan lebih baik lagi kedepannya, apalagi di dukung oleh pembina dan para senior, tentu kami akan lebih bersemangat lagi membesarkan organisasi ini ", jelas Yudha.

Sementara itu, Berto Izaak Doko Ketum DPP PPM mengatakan, pergantian kepengurusan dalam sebuah organisasi itu merapakan hal yang wajar dan sangat lumrah. 

" Justru jika tidak ada  pergantian pengurus, dan hanya perpanjangan SK, ini yang berbahaya dan tandanya organisasi tidak berkembang," tegas Berto.

Masih kata Berto, PPM itu bagaimana mengimplementasikan UUD 1945 dan mampu menjalankan organisasi sesuai dengan yang termaktub pada AD/ART organisasi. Artinya, harus sejalan dari ranting sampai ke DPP satu koridor, khususnya melanjutkan perjuangan yang telah diwariskan oleh para pejuang  terdahulu.

" Kolaborasi dan konsolidasi sangatlah penting. Bahkan, mimpi besar saya Kejayaan PPM di Sumbar negri penghasil para pejuang Repulik ini berjaya, hidup dan bergairah kembali," ujar Berto penuh yakin.

Terakhir, menyambut 17 Agustus hari Kemerdekaan RI, kita akan adakan Grebek Merah Putih secara nasional, dan Sumatera Barat awal dimulainya gerekan tersebut. Sebagai bangsa besar, menghargai para pahlawan dan merah putih/NKRI sampai mati, pungkas Berto Izaak Doko.(Hr1)

No comments