Breaking News

Tidak Ada Kampanye PSU, Irman Gusman Diuntungkan



Painan, Lamosai.com- Sebagai konsekuensi atas Putusan MK yang memerintahkan untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU), perolehan suara 4 Calon Anggota DPD asal Sumbar (sebagaimana ada dalam gambar), tidak berguna lagi. Raupan suara sebanyak itu hanya tinggal kenangan. Jerih payah berkampanye selama 70-an hari harus diikhlaskan.

Setelah PSU nanti, tidak ada yang bisa memastikan, mereka akan terpilih. Bisa semuanya terpilih, atau sebaliknya. Situasi sudah berubah. Pun, Partisipasi Pemilih sulit menyamai Pemilu 14 Februari yang lalu, yang mencapai 78% dari hampir 4,1 juta orang di DPT. 

PSU ini, jelas menguntungkan IG. Pertama karena masyarakat mengetahui alasan PSU dilaksanakan karena IG menang perkara. Kedua, tidak ada masa kampanye. 

Sementara IG sendiri diperintahkan MK untuk mengumumkan latar belakang dirinya, terutama statusnya sebagai mantan terpidana. Nah, jika di 17.569 TPS IG menyebar pengumuman, dibikinnya dalam bentuk baliho, spanduk dan poster, bukankah itu 'kampanye' ? 

Oleh sebab itu, sebagai salah satu Pemilih, saya berharap, ada jugalah diberi kesempatan kepada semua Calon untuk berkampanye. Biar masyarakat ingat (lagi) siapa yang akan dipilih. Atau setidaknya, diperintahkan KPU Sumbar dan jajaran kebawah, untuk memasang alat dan bahan peraga sosialisasi secara masif, yang berisi nomor urut, foto dan nama semua Calon Anggota DPD.

#Epaldi Bahar, M.Si Eks Ketua KPU PeSSel

No comments