Breaking News

Pertama dan Satu-satunya, Organisasi Wartawan KJI Lahir di Ranah Minang

Pemgurus Dewan Pimpinan Pusat Kolaborasi Jurnalis Indonesia (DPP KJI) peeiode 2024-2027 di Kukuhkan, Sabtu (29/6/2024), Arie St Malin Mudo


Padang, Lamosai.com- Terobosan terbaru di gagas oleh para Jurnalis media Online maupun media cetak di Sumatera Barat, Kota Padang. Biasanya apapun jenis organisasi terlahir dan berpusat di Kota Jakarta. Namun, beda dan ada terobosan terbaru organisasi media Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI) lahir dan berpusat di Sumatera Barat.

Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Kolaborasi Jurnalis Indonesia (DPP-KJI) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW Sumbar) masa bakti periode 2024 - 2027 telah resmi dikukuhkan oleh Ir. Basril Basyar, MM Dewan Kehormatan organisasi KJI.

Prosesi pengukuhan dan penyerahan bendera pataka simbol organisasi tersebut berlangsung di Gedung Bagindo Aziz Chan Auditorium Youth Center Kota Padang, provinsi Sumatera Barat. Sabtu (29/6/2024) .

Acara pengukuhan berjalan sukses dan meriah di pandu oleh Master of Ceremony Hariyanto Sutan Malin Mudo, SS, SH yang juga Owner media www.Lamosai.com

Setelah resmi dikukuhkan, Ketua DPP-KJI Jongguk Maransi Siagian yang akrab disapa Opung, ia langsung mengukuhkan kepengurusan Dewan Pempinan Wilayah (DPW) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dikomandoi oleh Peter prayuda, Sukra Rahmat putra S.Kom Sekretaris dan Bendahara Ridwan Syafriandi S.IP.

Disampaikan Dr. Basyir Basaar Dewan Kehormatan mengucapkan, Selamat untuk pengukuhan kepengurusan DPP dan DPW KJI Periode 2024-2027. Semoga KJI bisa menjadi rumah bagi para jurnalis dan tempat bertanya para kawan-kawan jurnalis.

" Semoga kedepannya KJI bisa lebih baik dan maju dalam hal pembinaan wartawannya, apalagi kantor pengurus pusat nya berada di Kota Padang Sumatera Barat, ini sangat unik dan langka," ucap nya.

Mewakili Kapolda Sumbar, Kabid Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan, dalam sambutannya mengajak insan pers untuk senantiasa mendukung program Pemerintah dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan.

"Atas nama Polda Sumbar, saya mengucapkan selamat kepada pengurus KJI yang dikukuhkan. Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab membawa organisasi kearah lebih baik," ujar Kombes Pol Dwi S.

Selain itu, apabila ada persoalan antara wartawan dan anggota personil kepolisian dibawah jajaran Polda Sumbar yang bertikai. Kemudian, ada rekomendasi dari wadah organisasi kewartawanan KJI kami akan segera menindaklanjuti, pumgkasnya.

Kedepan, dengan adanya KJI  bisa sebagai wadah pemersatu, jangan ada lagi kotak-kotak antar sesama jurnalis. Apalagi, KJI hadir dengan moto bersatu dalam berkolaborasi, pinta Kombes Pol Dwi.

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah KJI Propinsi Sumatera Barat, periode 2024-2027.

Senada dengan Kapolda, Gubernur Sumbar yang diwakili Siti Aisyah Kadis Kominfo sangat bangga dan mengapresiasi atas berdirinya organisasi media atau jurnalis Dewan Pimpinan Pusatnya (DPP) di Sumatera Barat.

" Semoga KJi mampu menjadi pemersatu antar sesama rekan-rekan media. Mampu membangun kerjasama dan memberikan berita yang pasti, berimbang dan dapat dipertamggung jawabkan. Adtinya, mampu berkolaborasi dengan siapapun," saran Siti

Pada kesempatan tersebut, Deni Hamdani, salah seorang founder KJI memaparkan awal mula berdirinya organisasi kewartawanan itu hingga bisa berbadan hukum dengan, SK. Menkumham Republik Indonesia No AHU. 0011133.AH.01.07.TAHUN 2023. (Akte Pendirian Tanggal 25 November 2023, No. 35), NPWP – 01.927.644.3-201.000. 

Tidak semudah membalikan telapak tangan. Kemudian, keberadaan KJI merupakan sejarah bagi kita insan pers Sumbar. Karena, satu-satunya organisasi pers yang DPP nya ada di Sumbar hanya KJI, beber Deni Hand yang juga owner media GoAsia.

" Untuk itu, dengan telah terselenggaranya prosesi pengukuhan ini, kalau tadinya KJI merekrut anggota, kedepannya KJI yang akan dilirik anggota," harapnya.

Terpisah, Andarizal Ketua Founder KJI meminta kepada semua pengurus yang telah dikukuhkan supaya untuk lebih serius lagi melakukan pengembangan sayap organisasi, jangan berpangku tangan. Sebab, kita mempunyai target merapat ke Dewan Pers,” jelasnya.

Andarizal juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah berkontribusi terhadap acara pengukuhan kepengurusan organisasi kewartawanan Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI). “Saya, sebagai ketua founder KJI mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini,” katanya.  

Tampak hadir saat pengukuhan DPP dan DPW KJI, Gubernur Sumatera Barat, Kapolda Sumbar, Kapolresta Padang, Kadis Kominfo Kota Padang, Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan Dewan kehormatan KJI.

Selain itu, tampak hadir ormas Laskar Merah Putih Sumbar, DPW MOI Sumbar, DPC MOI Kota Padang dan tamu undangan lainnya. ***

No comments